Wednesday, July 25, 2012

Zuppa Soup buat buka puasa

Posted by vivi at 7/25/2012 02:49:00 PM
Dari tadi pagi ngebayangin pengen buka puasa pake zuppa soup wkwkwk udh lama bangeeettt nggak buat zuppa soup, oven tangkring gw ampe bulukan aja deh hehehe, kemaren pas pindahan rumah udh di cuci-in ama pinyo oven tangkringnye, disikat ampe kinclong nahh kebetulan, gw pas hari minggu udh beli puff pastrynya merk edo di carefour sama beli soup cream jamur dan soup cream jagung merk royco ntar sore jadi ahhh mau ngereyen oven tangkring yg abis di kinclongin ama pinyo wkwkwk :D

Dulu awalnya demen zuppa soup gara gara di kondangan sering antriiii yg mau zuppa soup trus icip punya icip kok rasanya manstab akhirnya searching di mbah google deh resepnya kalo yg rajin bikin pastry nya kaya gw dulu sebelum engeh ada edo pastry gw bikin ndiri lohh ampe beli buat gilingan adonan pastrynya yg dari kayu itu lumayan bisa 4 hari tahan kalo kita taruh di frezer adonannya :D *udh berbentuk pastri yg siap potong yaa* trus soupnya gw juga bikin ndiri nih resepnya gw copyin aja ya dari mbah google

Bahan puff pastry :
1000 gram tepung terigu
20 gram garam
450 ml air es
100 gram mentega tawar
650 gram shortening pastry
Bahan olesan pastry :
1 butir kuning telur
1 butir telur
1,5 gram garam
Bahan soup:
10 gram mentega
1,5 gram bawang putih cincang
5 gram bawang bombay cincang
32 gram sosis sapi, potong kotak-kotak
32 gram smoked beef, potong kotak-kotak
10 gram tepung maizena
170 gram susu cair
0,3 gram lada putih
0,2 gram pala bubuk
0,5 gram garam
1,2 gram penyedap rasa
20 gram daun bawang, iris tipis

Cara Membuat pastrynya :
  1. Campurkan tepung terigu, garam, dan mentega tawar, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk sampai ¾ kalis.
  2. Istirahatkan adonan di dalam freezer selama sekitar 15 menit.
  3. Tipiskan adonan, taruh shortening pastry yang sudah ditipiskan, lalu lipatlah menjadi single-double-double. Setiap setelah melipat, istirahatkan adonan selama 10 menit di dalam freezer.
  4. Selanjutnya tipiskan adonan setebal 4 mm, lalu potong berbentuk bundar dan tutupkan di atas tempat soup. Oleskan permukaan pastry dengan “Bahan olesan”.
Cara Membuat soupnya :
  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay cincang dengan mentega hingga kecoklatan.
  2. Masukkan sosis sapi dan smoked beef yang telah dipotong, tumis hingga matang.
  3. Larutkan tepung maizena ke dalam susu cair, kemudian tambahkan pada tumisan sosis dan smoked beef.
  4. Tambahkan bumbu yang terdiri dari lada putih, pala bubuk, garam, dan penyedap rasa.
  5. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  6. Tempatkan pada wadah mangkuk tahan panas.
  7. Terakhir tutup rapat mangkok yang berisi soup dengan pastry di atasnya dan bakar di oven dengan suhu 190° celcius, kurang lebih selama 25 menit.
  8. Zuppa soup siap dihidangkan selagi hangat (panas soup dalam mangkok bisa bertahan hingga 20 menit, selama bungkus pastry blm terbuka).
Nah kalo gw sekarang udh males bikin sendiri sekarang demen yg instan wkwkwk ya itu tadi soupnya beli yg royco punya soup cream jamur dan jagung atau beli soup makaroni dari la fonte dan pastrynya beli di carefour yg mereknya edo :D 

Enggak sabar nih nunggu waktu buka masih 2,5 jam lagi ;), ntar teng langsung GO!!!!! ngacir plg kantor ^^

pic dari sini yaaaa :)

Update terbaru nih akhirnya kemarin plg kerja kesampaian juga bikin zuppa soup nih tampilannya disamping, kata laki gw enak mim zuppanya habisss dilahap lohhh ^^ makannya mau di tambahin saos sambel enak, tambahin merica dikit soupnya juga enak, trus enak lagi kalo soupnya diisi sama sosis, jagung muda, jamur, trus pastrynya atasnya dikasih taburan keju selagi panas panas hmmm yummyyy :D

Yuk ahh di coba ya ibu ibu resep zuppa diatas dijamin makin disayang ama laki kita *wink*


7 comments:

eny in bisnis on Thursday, July 26, 2012 at 11:08:00 AM GMT+7 said...

must try it...tengkyu darling

vivi on Thursday, July 26, 2012 at 11:14:00 AM GMT+7 said...

@mak eny iya makk hayuk di coba yaa maknyuss kata pak bondan mah hihihi :D

fitri mubarokah on Monday, December 3, 2012 at 4:36:00 PM GMT+7 said...

Shortening pastry apa y mba? Belinya dmn ya? Dan merk di pasaranny apa? Mohon infonya y mba..mksh

Fitri_Aditya on Monday, December 3, 2012 at 4:45:00 PM GMT+7 said...

Shortening pastry apa y mba? Belinya dmn ya? Dan merk di pasaranny apa? Mohon infonya y mba..mksh

Fitri_Aditya on Monday, December 3, 2012 at 4:46:00 PM GMT+7 said...

Shortening pastry apa y mba? Belinya dmn ya? Dan merk di pasaranny apa? Mohon infonya y mba..mksh

vivi on Friday, January 25, 2013 at 10:46:00 AM GMT+7 said...

@fitri mba maaf baru bales sekarang baru buka blog lagi :)

puff pastry nya merk edo beli di carefour mba di bagian frozen stuff dicoba ya cari, mantab mba kalo kita taruh di freezer juga awet lama asal ditutup rapat :)

Fadilah Sarning on Thursday, January 15, 2015 at 3:08:00 PM GMT+7 said...

Kalau pake oven tangkring bisa ga mba?

 

Our New Life Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos